Yoanna Martina - Analisis dan Perancangan Sistem Internet Marketing

(Studi pada PT Indoarta Systemindo Hotel (INDOTEL))

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Yoanna Martina
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Perkembangan teknologi, khususnya perkembangan teknologi informasi bergerak maju dengan kecepatan luar biasa. Dampaknya timbul perubahan perilaku pelanggan. Para pelanggan tidak lagi dapat puas hanya dengan berinteraksi biasa, namun pelanggan menginginkan suatu nilai interaksi yang lebih intensif dengan perusahaan. Perusahaan dapat menciptakan nilai yang lebih dalam berinteraksi dengan memperluas strategi pemasaran konvensionalnya, misalnya melalui brosur, baliho ataupun iklan di media cetak, mengumpulkan lalu menyusun informasi semenarik mungkin agar para pelanggan dapat memperoleh informasi produk atau jasa dengan cepat, lengkap dan mudah serta dapat dengan melakukan pemasaran melalui media yang menjangkau lebih banyak pelanggan.

Kemudahan, kecepatan, serta kelengkapan dalam hal informasi merupakan nilai penting bagi seorang individu ataupun kelompok dalam merencanakan perjalanan, karena seringkali keputusan penting seperti hotel mana yang akan dipilih dilakukan dengan dasar informasi yang diperoleh saat itu juga. Oleh karena itu penting bagi perusahaan yang bergerak di bidang agen reservasi hotel untuk menyediakan paket informasi yang mengumpulkan dan menyusun informasi mengenai lokasi hotel, tipe kamar hotel yang tersedia, fasilitas yang disediakan, harga kamar sesuai musim, sampai pada obyek wisata yang dapat dikunjungi pelanggan. Paket informasi yang disediakan seperti ini dapat dilakukan dengan mensinergikan perkembangan teknologi informasi dengan strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan sehingga perusahaan mampu untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan informasi pelanggan yang menginginkan nilai informasi yang lebih.

Sebagai perusahaan yang mengkhususkan diri pada bisnis reservasi hotel, INDOTEL selalu berusaha mencoba untuk meningkatkan nilai dari layanan pelanggan yang diberikannya. Didorong dengan terus berkembangnya teknologi informasi ke arah penggunaan Internet secara global, maka INDOTEL berinisiatif untuk menggunakan strategi yang memanfaatkan teknologi informasi dalam memasarkan produknya yaitu melalui penerapan Internet Marketing. Tahap-tahap yang digunakan dalam perancangan Internet Marketing adalah dengan menggunakan metode tujuh tahap Internet Marketing yang dipopulerkan oleh Rafi Mohammed et al. Pertama-tama menganalisis peluang pasar yang ada, kemudian merumuskan strategi pemasaran, dilanjutkan dengan merancang pengalaman dan antarmuka pelanggan. Setelah itu program pemasaran untuk Internet Marketing dapat disusun, disertai dengan penyeimbangan informasi pelanggan melalui teknologi dan diselesaikan dengan pembuatan suatu patokan evaluasi sistem selanjutnya.

Sistem Internet Marketing dirancang untuk menyediakan informasi mengenai produk INDOTEL yaitu kamar hotel, meningkatkan nilai dari informasi yang disajikan dalam situs web dengan disajikan pula informasi tambahan mengenai jadwal kereta api dan penerbangan, juga tips perjalanan dan informasi mengenai tempat-tempat wisata yang tersaji dalam satu halaman web. Diharapkan penerapan Internet marketing akan menurunkan biaya pemasaran sebanyak 0,27% per penjualan dan meningkatkan penjualan sebanyak 30%. Perancangan situs web yang sedemikian rupa diharapkan dapat membuat pelanggan baru dan lama dari INDOTEL untuk selalu kembali ke INDOTEL.