Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Berbasis Web

(Studi pada PT Istana Kebayoran Raya Motor)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Manajemen

Penulis: Andriani
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Suatu perusahaan memerlukan sumber daya manusia sebagai pelaksana kegiatan operasionalnya yang merupakan penggerak dari perusahaan itu sendiri. Seringkali semakin besar suatu perusahaan, maka akan semakin membutuhkan suatu cara untuk mengatur sumber daya manusia yang ada, sehingga apabila tidak dilakukan dengan benar, maka akan menyebabkan adanya ketidakteraturan terhadap informasi yang dihasilkan berkaitan dengan sumber daya manusia.

PT. Istana Kebayoran Raya Motor adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mobil dan suku cadang serta jasa service untuk mobil – mobil keluaran Honda. Meskipun perusahaan ini sudah berdiri cukup lama, namun dalam pengelolaan dan pengendalian sumber daya manusianya masih memiliki banyak kekurangan, antara lain: tidak adanya sistem informasi yang mendukung untuk menyimpan dan menyajikan laporan – laporan yang lengkap dan rinci mengenai semua aktivitas sumber daya manusia mulai dari perekrutan, penyeleksian, penerimaan, pelatihan, penilaian kinerja, promosi, mutasi dan demosi serta pemutusan hubungan kerja. Selain itu terdapat juga masalah yang berkaitan dengan penggajian dan pengupahan yang tidak efisien dalam pembuatan berbagai laporan penggajian seperti rekap absensi, laporan gaji, masalah human error dalam penghitungan berbagai komponen gaji dan upah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk memberikan suatu rancangan sistem informasi yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki perusahaan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode pengumpulan data melalui metode penelitian lapangan, yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis untuk membandingkan informasi yang ada dengan kebijakan perusahaan. Sedangkan studi pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan topik skripsi dari buku-buku teks, catatan kuliah, dan referensi lain. Metode perancangan yang digunakan yaitu melalui pendekatan berorientasi obyek.

Hasil yang dicapai menghasilkan suatu perancangan sistem informasi sumber daya manusia berbasis web dalam jaringan intranet perusahaan yang dapat membantu, memperbaiki, dan meningkatkan kegiatan operasional serta manajemen perusahaan agar berjalan dengan cepat dan benar dan juga dapat memenuhi kebutuhan informasi yang mendukung dalam kegiatan manajemen sumber daya manusia.

Referensi

Saydam, Gouzali. (1996). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.
Siagian, Sondang P. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit
Bumi Aksara.
Whitten, J.L., Bentley , L.D, & Dittman, K.C. (2004). System Analysis and Design Method (6th Ed). New York: Irwin McGraw-Hill.
Widjajanto, N. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mcleod, Jr Ray mond., dan Schell, George. (2004). Sistem Informasi Manajemen (edisi 8). (Alih bahasa Teguh, Hendra) Jakarta: PT. Indeks.
Mulyadi (2001). Sistem Akuntansi (edisi ketiga). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
O’Brien, J. (2004). Management Information Syst em. North America: Mac Graw Hill International.
Sastrohadiwiryo, Siswanto. (2002). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Cetakan kesatu. Bumi Aksara, Jakarta.
Cerullo, M ichael, J., Wilkinson, Joseph, W., Raval, Vasant., Wong-On-Wing, & Bernard. (2000). Accounting Information System: Essential Concept and Applications. (4th Ed). Amerika: John Wiley and Sons, Inc.
Larman, Craig. (1998) Applying UML and Patterns: An Introduction to Object Oriented Analysis and Design. New Jersey: Prentice Hall.
Laudon, Kenneth C, Jane P. (2003) Essential of Management Information System: Managing The Digital Firm (5th Ed). New Jersey: Prentice Hall.
Mathiassen, Lars. , Madsen. , Andreas, Munk. , Melsen. , Peter, Axel. , & Stage.Jan, (2000). Object Oriented Analysis & Design. (1st Ed). Denmark: Marko publishing ApS, Aslborg.
David, Fred R. (2006). Manajemen Strategis (edisi 10). (Alih bahasa Paulyn Sulistio dan Harryadin Mahardika) Jakarta: Salemba Empat.
Dessler, Gary. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. (edisi 7). (Alih bahasa Molan, Benyamin) Jakarta: Prenhallindo.
Hasibuan, Malayu S. P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.