Analisis Kelayakan Investasi Teknologi Informasi dengan Metode Information Economics

(Studi Kasus: Human Resource Information Systems pada PT. RCTI, Jakarta)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Melissa Salim
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Penggunaan TI/SI dalam suatu organisasi saat ini menjadi penting tidak saja untuk mendukung operasional organisasi, tetapi juga sebagai salah satu keunggulan dalam persaingan. Perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam persaingan bisnis yang semakin tajam terutama dalam melakukan investasi TI/SI. Namun, investasi ke dalam teknologi informasi pasti menghabiskan biaya yang tidak sedikit dengan tingkat pengembalian yang terkadang tidak terlihat dan sulit untuk diukur. Maka dari itu, suatu investasi teknologi informasi perlu dikaji lebih jauh lagi apakah sudah layak atau belum untuk dikembangkan dan diimplementasikan dalam suatu organisasi.

Information Economics (IE) adalah salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis biaya dan manfaat suatu rencana investasi TI/SI. Pendekatan Information Economics digunakan dalam analisis terhadap suatu investasi TI/SI dan merupakan pengembangan dari Traditional Cost and Benefit Analysis (TCBA) dengan melibatkan faktor ekonomis bisnis dan teknologi yang dijustifikasi dalam bentuk keuangan, manfaat, dan resiko TI/SI tersebut. Keunggulan metode IE adalah terletak pada kemampuannya dalam memperhitungkan manfaat yang setengah berwujud maupun tidak berwujud yang sering diabaikan oleh pihak manajemen/investor. Penelitian dengan Information Economics yang dikembangkan oleh Marilyn M. Parker ini mengambil objek penelitian pada analisis kelayakan Human Resource Information Systems (HRIS) dengan studi kasus pada PT. RCTI. Selain itu dikembangkan juga suatu sistem aplikasi sederhana yang berfungsi untuk mengotomasi perhitungan analisa cost and benefit tradisional.

Hasil yang diperoleh adalah bahwa Human Resource Information Systems yang akan diimplementasikan di PT. RCTI sangat bermanfaat bagi organisasi dan merupakan bagian penting dalam meningkatkan keunggulan bersaing.

Referensi

Schmuller, Joseph. (1999). Sams Teach Yourself UML in 24 Hours. Sams Publishing, USA.
Soeharto, I. (1997). Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Erlangga, Jakarta.
Topor, Augus., Yulianti., Melany. (2005). Skripsi: Justifikasi Manfaat Multi Channel Learning dengan Metode Information Economics Pada Universitas Bina Nusantara. Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Tozer, E.E. (1996). Strategic IS/IT Planning. Butterworth-Heinemann, USA.
Turban, Efraim, Rex Kelly Rainer, Jr., dan Richard Potter. (2001). Introduction to Information Technology. John Wiley & Sons, Inc.
Van Horne, James C., & John M, Wachowicz Jr. (1997). Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan Edisi Kesembilan. Simon &Schuter (Asia) Pte Ltd.
Parker, Marilyn M. (1996). Strategic Transformation and Information Technology: Paradigms for Performing While Transforming. Prentice Hall, New Jersey.
Parker, Marilyn M., Benson, Robert J., Trainor, H.E. (1988). Information Economics: Linking Business Performance to Information Technology.  Prentice Hall, New Jersey.
Pearce, John. A., Robinson, R.B. (2000). Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control. (7th ed). McGraw-Hill, New York.
Porter, M.E. (1998). Competitive Strategy: Techniques for Analysing Industries and Competitiors. The Free Press, New York.
PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia. (2004). Annual Report. Jakarta
Remenyi, D., Money A., & Twite, A. (1995). The Effective measurement and Management of IT Costs and Benefits. Butterworth-Heinemann Ltd, London.
Robbins, Stephen P dan Mary Coulter. (1999). Management 6th Edition Edisi bahasa Indonesia jilid 1. Prentice-Hall, USA.
Keown, A.J., Scott, D.F., Martin, J.D, Petty, J.W. (2000). Dasar-dasar Manajemen Keuangan – Buku 2. Salemba Empat, Jakarta.
Laudon, Kenneth C., Jane P, Laudon. (2002). Management Information Systems: Managing The Digital Firm, 7th Edition. Prentice Hall Inc, New Jersey.
Mathiassen, Lars., Munk-Madsen, Andreas., Nielsen, Peter Axel., Stage, Jan. (2000). Object Oriented Analysis Design. Forlaget Marko, Denmark.
Mathis, Robert L., John H, Jackson. (2003). Human Resource Management, 10th Edition. Thompson, South-Western.
Mcleod, Raymond Jr., George, Schell. (2001). Management Information Systems. Prentice Hall, London.
O’Brien, J. A. (2003). Introduction to Information Systems: Essential for The e- Business Enterprise. McGraw-Hill, New York.
Ward, John., & Joe, Peppard. (2002). Strategic Planning For Information Systems. 3rd Edition. John Wiley & Sons Ltd.
Alter, Steven. (1999). Information Systems: A Managerial Perspective, 3rd Edition. Addison-Wesley, USA.
Cats-Brail, W., Thompson, R. (2003). Information Technology and Management. McGraw Hill, New York.
Dessler, Gary. (2002). A Framework for Human Resource Management, 2nd Edition. Prentice-Hall, New Jersey.
Galpin, Timothy J., Pattrick Murray. (1997). Connect Human Resource Strategy to the Business Plan. HRMagazine.
Hall, James A. (2001). Accounting Information Systems, 4th Edition. Thomson South-Western.