Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan Bahan Baku pada PT Induktorindo Utama

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Manajemen
Disusun oleh: Marcel P. Sitindjak
Program Studi Sistem Informasi dan Akuntansi Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Kemajuan teknologi, khususnya dalam teknologi informasi, telah menjadikan informasi sebagai salah satu penentu keberhasilan suatu perusahaan dalam meningkatkan kemajuan perusahaan. Salah satu cara untuk mewujudkan efektifitas produksi adalah dengan menerapkan teknologi informasi pada seluruh lini kegiatan perusahaan, baik produksi, distribusi, penjualan, pembelian maupun akuntansi. Perusahaan dapat mengintegrasikan pasokan bahan baku, kegiatan produksi dan proses penyerahan hasil produksi dengan menerapkan teknologi informasi, sehingga proses bisnis menjadi lebih efektif yang pada akhirnya dapat mencapai tujuan utama perusahaan yaitu mendapatkan laba.

Persediaan bahan baku merupakan unsur utama yang menentukan kelangsungan operasional sebuah perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi manajemen yang tepat untuk untuk membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Metodologi yang digunakan dalam penulisan skripsi ini untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan adalah dengan menggunakan metode analisis dan metode perancangan. Metodologi tersebut diperlukan untuk menunjang perancangan sistem informasi manajemen persediaan bahan baku pada PT Induktorindo Utama.

Dari analisis yang dilakukan terhadap sistem persediaan yang sedang berjalan pada PT Induktorindo Utama, ditemukan beberapa kelemahan. Dengan adanya kelemahan-kelemahan tersebut sering menimbulkan beberapa masalah yang dapat menghambat kegiatan operasional perusahaan. Untuk mengatasi kelemahan tersebut, maka dirancang suatu sistem informasi akuntansi yang diharapkan dapat mengontrol bahan baku dan lebih meningkatkan mutu operasional serta dapat bermanfaat dalam memudahkan kinerja masing-masing bagian yang terkait dengan persediaan bahan baku.