Analisis dan Perancangan Website E-Marketing

(Studi pada PT Grahacitra Adhitama)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Manajemen
Disusun oleh: Kristin Baros
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara
Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi

Ringkasan

Internet sebagai jaringan komputer global telah terbukti dapat mempermudah pemakainya untuk berkomunikasi serta memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Dengan memanfaatkan keuntungan dari internet tersebut, dewasa ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem bisnis berbasiskan internet seperti E-Commerce, E-Businnes, E-Marketing dan lain-lain. Pemasaran atau marketing merupakan salah satu faktor penting penunjang dalam keberhasilan perusahaan untuk mencapai profit (keuntungan) yang sebesar-besarnya karena melalui pemasaran yang terencana dan efektif maka secara otomatis volume penjualan akan meningkat dengan sendirinya. Dengan memanfaatkan internet, perusahaan kini dapat memasarkan produknya secara elektronik atau online yang dikenal dengan istilah E-Marketing. Aplikasi E-Marketing ini akan membantu tercapainya tujuan perusahaan yaitu meraih keuntungan kompetitif, membuka pasar (market) baru dan luas serta membina kesetiaan konsumen terhadap perusahaan.

Pengembangan strategi pemasaran berbasis web merupakan salah satu strategi yang sedang berkembang pesat saat ini. Banyak perusahaan yang telah memanfaatkan Teknologi Informasi, namun belum banyak perusahaan yang merasakan manfaat dari penerapan Teknologi Informasi tersebut. Agar tujuan kesuksesan bisnis dapat tercapai, maka penerapan Teknologi Informasi harus selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Oleh sebab itu perumusan strategi yang handal sangat diperlukan, sehingga perusahaan mampu merasakan manfaat dari pemanfaatan Teknologi Informasi tersebut.

PT Grahacitra Adhitama merupakan salah satu perusahaan kontraktor yang telah berdiri lebih dari 1 dekade lalu. Bidang usaha yang dilakukan lebih terspesifik, yaitu di dalam bidang interior design. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisa dan merancang suatu aplikasi pemasaran berbasis web sebagai alat pemasaran yang baru dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan merancang suatu strategi pemasaran yang baru, merancang program E-Marketing, dapat memberikan informasi melalui Website, sehingga dapat merubah cara perusahaan dalam berhubungan dengan pelanggan, yang mana pelanggan mendapat kemudahan dalam melakukan pertukaran informasi dan jasa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan studi kasus pada PT Grahacitra Adhitama. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan sub analisis IFAS dan EFAS yang kemudian menggunakan Matriks IE dan matriks SWOT untuk mengidentifikasikan alternatif strategi yang dapat diterapkan. Dengan aplikasi pemasaran berbasis web, maka diharapkan dapat membantu mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada pada perusahaan, dan dapat memberikan nilai tambah dalam meningkatkan promosi untuk mencapai peningkatan keuntungan perusahaan.