Agus P. Halim - Analisis Sistem dan Teknologi Informasi serta Perencanaan Proyek Sistem Informasi dengan Menggunakan Metoda New Information Economics

(Studi pada PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Agus P. Halim
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara
Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi

Ringkasan

Perkembangan industri agrobisnis yang semakin pesat dan ketat saat ini sehingga memicu perusahaan sejenis untuk terus meningkatkan kemampuan usahanya, dengan peningkatan kemampuan teknologi perusahaan saat ini diharapkan agar perusahaan dapat bersaing di pasar global serta memenuhi visi dan misi dari perusahaan. Untuk itu, perusahaan yang ingin maju teknologinya perlu melakukan perencanaan pengembangan investasi Teknologi Informasi di perusahaannya. Agar apa yang telah diinvestasikan oleh perusahaan tidak menjadi suatu hal yang sia-sia atau merugikan, maka perlu dilakukan studi mengenai manfaat dari teknologi yang akan dan sedang digunakan. Untuk menerapkan investasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, perusahaan harus melakukan pengukuran manfaat investasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dengan tepat. Ada banyak cara pengukuran manfaat yang dapat dilakukan tapi salah satu adalah dengan menggunakan metode New Information Economics (NIE). Manfaat dari metoda New Information Economics yaitu dapat mengukur investasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi guna memaksimalkan dampak pada bottom-line terhadap investasi baru yang akan dikembangkan untuk bisnis di perusahaan.

PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk. merupakan sebuah perusahaan pakan ternak yang terbesar dan distribusinya tersebar di seluruh Indonesia. PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk.memiliki beberapa sistem aplikasi, infrastruktur, service, dan manajemen yang digunakan untuk menjalankan proses bisnisnya selain itu PT.Charoen Pokphand Indonesia Tbk juga memiliki beberapa aplikasi yang ingin diterapkan pada perusahaan. Pihak manajemen ingin mengetahui apakah investasi Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi (TI) yang telah dikeluarkan sebanding dengan besarnya manfaat dan dampak bottom-line bagi perusahaan dan juga ingin mengetahui tingkat kepentingan dan penyelarasan dari Teknologi Informasi yang ada dan proyek sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Penulis mengusulkan untuk menganalisis manfaat investasi teknologi informasi dengan menggunakan metode New Information Economics (NIE) dengan menggunakan empat dari lima praktek NIE yaitu Strategic Demand/ Supply Planning, Innovation, Prioritization dan juga Alignment. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu perusahaan dapat mengetahui SI dan TI mana yang lebih penting untuk dikembangkan dan TI yang diabaikan serta dapat mengalokasikan investasi SI dan TI ke proyek SI dan TI yang dapat mendukung kinerja perusahaan.