Analisis dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis Web

(Studi pada PT Alam Agung Lestari)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Felix Darmoko
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Dalam dunia bisnis, perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi telah membawa perubahan yang cukup signifikan. Internet menawarkan berbagai manfaat dan keunggulan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Saat ini telah banyak aktivitas bisnis yang dilakukan dengan menggunakan Internet. Salah satu dari aktivitas bisnis tersebut adalah pemasaran. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan utama dalam bisnis yang menentukan kesuksesan perusahaan karena tanpa adanya pemasaran yang baik, maka produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan mungkin tidak memperoleh tanggapan yang diharapkan atau bahkan tidak dikenal oleh pelanggan yang dijadikan sasaran.

Salah satu sistem pemasaran melalui Internet yang sering dilakukan perusahaan-perusahaan adalah dengan membangun sebuah situs web perusahaan. Dengan adanya situs web tersebut, calon pelanggan, pelanggan, calon karyawan, karyawan, calon investor dan partner bisnis dapat dengan mudah dan cepat menemukan informasi yang lengkap tentang bisnis perusahaan. Hal ini jelas meningkatkan peluang bisnis perusahaan dengan pihak-pihak tersebut. Sejumlah batasan yang dihadapi pada pemasaran konvensional dapat dihilangkan dengan pemasaran melalui Internet khususnya pemasaran berbasis web, misalnya batasan jarak dan waktu. Tidak hanya itu, dengan memiliki sebuah situs web yang dirancang dengan baik dan profesional maka citra baik perusahaan di mata publik dapat meningkat. Bahkan mungkin saja situs web yang dimiliki perusahaan tersebut menjadi salah satu alat utama yang dimiliki perusahaan dalam memberikan kesan yang baik pada para pelanggan perusahaan. Perusahaan dapat memperoleh keunggulan yang signifikan bila perusahaan mampu menerapkan sistem pemasaran online yang tepat untuk mendukung sistem pemasaran offline perusahaan.

Penelitian ini menggunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan studi kasus PT Alam Agung Lestari. Alat analisis yang digunakan adalah Model Lima-Kekuatan Porter, Matriks SWOT, Matriks IE, dan tujuh tahap pemasaran melalui Internet untuk merancang sistem pemasaran berbasis web yang tepat bagi perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Alam Agung Lestari memiliki kekuatan internal yang cukup baik dengan nilai IFAS 3.239 dan memiliki kemampuan untuk menjawab peluang dan ancaman yang ada dalam industrinya dengan nilai EFAS sebesar 3.592. Untuk itu perusahaan dapat melakukan strategi yang intensif agar bisnis perusahaan dapat berkembang dengan lebih pesat. Melalui matriks SWOT dapat pula diformulasikan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi optimal bagi perusahaan. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah PT Alam Agung Lestari sebaiknya memadukan sistem pemasaran online dengan sistem pemasaran offline teknologi untuk mendukung strategi pemasaran perusahaan.