Sidharta H. Gunawan - Perancangan Sistem Manajemen Perencanaan Bisnis

(Studi kasus pada Center for Entrepreneurship Universitas Bina Nusantara)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Sidharta H. Gunawan
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara
Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi

Ringkasan

Ada banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan daya saing mereka, namun belum banyak perusahaan yang merasakan manfaat dari teknologi informasi secara penuh, hal ini terjadi karena perusahaan hanya berpendapat bahwa dengan menerapkan teknologi informasi maka kesuksesan perusahaan akan tercapai. Padahal teknologi informasi hanyalah salah satu alat bantu bagi perusahaan. Teknologi informasi yang diterapkan harus sesuai dengan strategi perusahaan dalam mencapai visi dan misinya.

Tingkat persaingan bisnis akan semakin kompetitif seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan kemampuan bersaing adalah kemampuan analisis permasalahan beserta dengan pemecahannya disertai kualitas dari sumber daya manusia yang kompeten.

Menyadari akan kebutuhan sumber daya yang manusia yang kompeten, Universitas Bina Nusantara mendirikan Center for Enterpreneurship dan membuka mata kuliah kewirausahaan untuk seluruh mahasiswa dengan tugas akhirnya adalah membuat suatu makalah perencanaan bisnis yang baik. Yang menjadi permasalahan adalah sesudah makalah tersebut dipresentasikan dan dinilai, makalah tersebut biasanya hanya akan ditumpuk, seolah – olah sudah menjadi tidak berguna. Hal itu sangat disayangkan, karena makalah – makalah tersebut sebenarnya merupakan aset yang berharga, terutama makalah – makalah perencanaan bisnis yang berkualitas yang baik. Oleh karena itu diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui strategi yang harus dilakukan oleh pihak Center for Enterpreneurship agar data makalah – makalah tersebut dapat disimpan dan dikelola dengan baik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan studi kasus pada Center for Entrepreneurship Universitas Bina Nusantara. Alat analisis yang digunakan adalah analisis IFAS dan EFAS yang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan matriks TOWS dan matriks IE untuk mengidentifikasikan strategi alternatif yang dapat digunakan. Formula strategi yang ada kemudian dijadikan dasar acuan dalam perancangan sistem yang sesuai dengan kebutuhan.

Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Center for Entrepreneurship memiliki kekuatan internal yang baik yakni dengan nilai IFAS 3,23 dan telah mampu menjawab kesempatan dan ancaman yang ada dengan nilai EFAS 2,21. Untuk itu Center for Entrepreneurship dapat menerapkan strategi yang intensif agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Melalui matriks TOWS dapat pula dirumuskan beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh Center for Entrepreneurship. Setelah itu dilakukan perancangan sistem menggunakan Object Oriented Analysis and Design (OOAD). Center for Entrepreneurship disarankan untuk mengembangkan suatu sistem manajemen perencanaan bisnis untuk mengelola data – data yang ada berdasarkan perumusan strategi yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga dapat membantu dalam membuat keputusan berikutnya.