Metta Devi - Strategi Pengembangan Koperasi Karyawan dengan Perancangan Situs Web E-Koperasi

(Studi pada Universitas Bina Nusantara)

Tugas Akhir / Skripsi Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Metta Devi
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara
Fakultas Ilmu Komputer dan Ekonomi

Ringkasan

Koperasi merupakan bentuk usaha yang menganut asas kekeluargaan dalam menjalankan bisnisnya. Secara tertulis koperasi menempati kedudukan yang terhormat dalam struktur perekonomian Indonesia. Namun dalam dunia usaha koperasi sering dianggap sebagai salah satu pelaku bisnis yang tidak dapat berkembang dan hanya berskala kecil. Persepsi ini diperburuk dengan lemahnya kemampuan komunikasi koperasi dengan pelanggan. Koperasi umumnya menghadapi kesulitan yang berkaitan dengan rendahnya komunikasi dengan pelanggan, baik dengan anggotanya maupun nonanggota. Situasi seperti ini dialami pula oleh Koperasi Karyawan Universitas Bina Nusantara (Kopbinus) sehingga Kopbinus kesulitan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan sehingga kehilangan peluang bisnis yang seharusnya dapat diraih.

Kesulitan yang dihadapi oleh Kopbinus terutama mengenai pemetaan kebutuhan pelanggan. Para pelanggan, terutama civitas akademika lebih memilih untuk memenuhi kebutuhannya pada pelaku usaha lain. Padahal bila dilihat dari segi usaha, Kopbinus sebenarnya memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kondisi ini dapat mengurangi nilai bisnis Kopbinus seiring dengan berkurangnya peluang untuk memperoleh keuntungan. Pelanggan Kopbinus juga kurang mengetahui informasi mengenai produk-produk yang disediakan, baik barang, jasa, maupun keanggotaan yang ditujukan untuk semua karyawan tetap Yayasan Binus. Pelayanan dalam hal ini menjadi sulit diberikan oleh Kopbinus disebabkan adanya faktor kesibukan kerja anggota dan lokasi kerja anggota yang berjauhan sehingga dapat mengurangi peranan anggota dalam koperasi. Situasi seperti ini mengurangi nilai profesionalitas layanan Kopbinus kepada pelanggan sekaligus mengurangi nilai bisnis Kopbinus. Untuk itu dibutuhkan adanya pengembangan strategi bisnis Kopbinus saat ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan Kopbinus memiliki nilai EFAS sebesar 2,975 dan nilai IFAS sebesar 3,110. Ini menunjukkan Kopbinus memiliki pengelolaan faktor internal yang baik dan mampu memberikan jawaban atas tantangan faktor eksternal dengan baik pula. Oleh karena itu strategi yang tepat untuk diterapkan adalah strategi intensif agar bisnis Kopbinus dapat berkembang dengan pesat. Salah satu penerapan strategi tersebut adalah berupa pembangunan situs web Kopbinus. Tahap perancangan sistem menggunakan notasi UML berupa Use Case Diagram disertai dengan rinciannya, dilanjutkan dengan perancangan interface situs web Kopbinus dengan menggunakan Kerangka Kerja 7Cs, kemudian disertai dengan spesifikasi database yang dirancang untuk mendukung sistem. Situs web dapat mendukung proses pemasaran produk Kopbinus dan menjadi media komunikasi untuk melakukan interaksi pertukaran informasi dengan semua pelanggan. Selain itu juga dapat digunakan untuk mendukung komunikasi antar anggota untuk memperkuat peranan mereka dalam koperasi sehingga memudahkan aktivitas berkoperasi anggota. Dengan dibangunnya situs web e-koperasi ini, diharapkan Kopbinus dapat meningkatkan pelayanannya sehingga dapat memperkuat citra dan nilai bisnis Kopbinus.