Chinni Yanti - Analisis dan Perancangan Sistem Reservasi Online

(Studi pada Maskapai Penerbangan PT. Sriwijaya Air)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Chinni Yanti
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara
Fakultas Ilmu Komputer dan Ekonomi

Ringkasan

Salah satu kebijakan perhubungan yang sangat berpengaruh pada industri penerbangan adalah open sky policy yang secara garis besar berorientasi untuk lebih membuka pasar penerbangan komersial di wilayah Indonesia. Sebagai akibat dari kebijakan tersebut, industri penerbangan diwarnai dengan pertumbuhan pesat jumlah perusahaan penerbangan domestik. Berbagai perusahaan penerbangan baru tidak menyia-nyiakan kesempatan meraih pasar Indonesia yang sangat potensial. Persaingan antar perusahaan penerbangan semakin tidak terelakkan. Berbagai strategi diupayakan untuk memenangkan persaingan dimulai dengan meningkatkan efisiensi untuk memperoleh keunggulan di bidang harga jual, memperbaiki kinerja operasional perusahaan, berusaha meningkatkan kepuasan pelanggan hingga pada kiat-kiat dan strategi manajemen dalam menghadapi faktor eksternal, seperti pemasok, pesaing, dan pelanggan.

Masalah yang dihadapi perusahaan jasa angkutan udara saat ini ialah persaingan yang sangat ketat. Seiring dengan perkembangan internet dan sistem informasi yang sangat pesat, perusahaan berusaha untuk mencari solusi peningkatan penjualan dengan lebih menjaga kesetiaan pelanggan. Oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sejauh mana strategi perusahaan saat ini dan agar dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Metodologi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif dengan studi kasus pada PT Sriwijaya Air. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis IFAS dan EFAS yang kemudian menggunakan matriks IE, diagram SWOT dan matriks TOWS untuk mengidentifikasian strategi yang dapat dijalankan. Selain analisis bisnis, penulis juga menggunakan alat analisis sistem Tahapan Formulasi Strategi menurut Jaworsky dan Rayport. Rumusan strategi ini kemudian dipergunakan sebagai acuan untuk perancangan sistem informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Sriwijaya Air cukup mampu menjawab seluruh kesempatan dan ancaman yang terdapat di lingkungan industrinya dengan nilai EFAS sebesar 3,12 dan memiliki kekuatan internal yang baik sebesar 3,15. Untuk itu perusahaan dapat melakukan strategi agresif dan intensif agar bisnis perusahaan dapat tumbuh berkembang lebih pesat. Melalui matriks SWOT juga dapat diperoleh beberapa strategi bisnis yang terkait dengan pemanfaatan teknologi yang optimal bagi perusahaan. Melalui Tahapan Formulasi Strategi dapat diketahui bahwa masih banyak peluang bisnis karena masih banyaknya kebutuhan pelanggan yang belum dipenuhi. Kunci kesuksesan bisnis PT Sriwijaya Air terletak pada kehandalan dalam merumuskan strategi yang tepat dengan cara membaca kondisi dan situasi serta mengenali kekuatan maupun kelemahan internal perusahaan secara komprehensif. Untuk perumusan strategi yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi, perusahaan disarankan untuk mengembangkan sistem e-commerce berbasis web secara bertahap. Oleh karena itu sebagai tahap awal dapat dikembangkan sistem reservasi online sebagai bagian penting dari e­commerce yang diinginkan perusahaan.