Banuratih - Analisis dan Perancangan E-Marketing

(Studi pada PT. Patra Wahana Kridatama)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Banuratih
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Dalam bidang pemasaran dunia usaha, internet merupakan salah satu media pemasaran yang bersifat global. Melalui media internet ini berbagai informasi dapat secara cepat dan mudah untuk diperoleh dan disebarluaskan. Pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan internet tersebut dapat disebut dengan e-marketing.

Melalui e-marketing diharapkan perusahaan dapat memberikan informasi yang bertujuan untuk mempromosikan produknya dengan meraih cakupan pasar yang jauh lebih luas karena sifat dari internet yang mampu melewati batas-batas negara. Selain itu informasi dapat diperoleh pelanggan selama 24 jam dalam sehari. Melalui e-marketing, informasi yang ditampilkan juga dapat dibuat lebih menarik yang bertujuan untuk menarik minat dari konsumen.

Skripsi ini bertujuan untuk merancang sistem pemasaran berbasis internet sebagai alat pemasaran baru dalam meningkatkan kinerja perusahaan serta kepuasan pelanggan pada PT. Patra Wahana Kridatama yang lebih dikenal dengan nama tempat Pondok Cabe Golf and Country Club.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis metode deskriptif dengan studi kasus pada PT. Patra Wahana Kridatama. Untuk mengetahui posisi perusahaan terhadap lingkungan eksternalnya digunakan alat analisis lima kekuatan Porter. Kemudian dilakukan analisis IFAS dan EFAS yang dilanjutkan dengan penggunaan Matriks TOWS dan Matriks IE untuk mengidentifikasi strategi alternatif yang dapat diterapkan. Formula strategi inilah yang kemudian digunakan sebagai acuan untuk perancangan selanjutnya. Setelah itu dibuat kerangka peluang pasar yang dilanjutkan dengan membuat keputusan go/no go, merancang strategi pemasaran, memperlakukan pelanggan secara personal berdasarkan layanan pelanggan, merancang tampilan dan mempromosikan situs web e-marketing melalui beberapa cara, memperluas informasi yang dibutuhkan pelanggan melalui teknologi informasi dan mengevaluasi situs web yang telah dibuat. Untuk merancang jalannya sistem dilakukan juga perancangan sistem dengan menggunakan UML Model Diagram.

Cara perusahaan dalam berhubungan dengan pelanggan dapat diubah dengan penggunaan e-marketing sehingga mampu memberikan layanan kepada pelanggan secara personal dengan menitikberatkan kepada produk, harga, saluran distribusi, promosi, komunikasi dan komunitas sebagai startegi pemasaran melalui internet. Dengan penggunaan e-marketing diharapkan PT. Patra Wahana Kridatama mendapatkan solusi dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam melayani pelanggan khususnya pada bagian pemasaran, mengefesienkan biaya, jarak dan waktu serta menjembatani hubungan antara perusahaan dan pelanggan.