Deling - Analisis dan Perancangan e-Marketing

(Studi pada PT Kasih Ananda)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen

Penulis: Deling
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Ketika persaingan dirasakan semakin ketat, salah satu faktor yang dapat dijadikan keunggulan bersaing bagi perusahaan adalah perkembangan perusahaan dalam bidang Teknologi Informasi (TI). Dengan TI perusahaan dapat berinteraksi dengan para pelanggan dan rekan-rekan bisnisnya, melakukan kesepakatan bersama, transaksi jual-beli, dan memasarkan produk atau jasa kapan saja, dan di mana saja, ke pasar yang lebih luas dan global di internet.

Banyak perusahaan telah memanfaatkan Teknologi Informasi, namun belum banyak perusahaan yang merasakan manfaat dari penerapan Teknologi Informasi tersebut. Agar mencapai kesuksesan bisnis maka penerapan Teknologi Informasi harus selaras dengan strategi bisnis perusahaan. Oleh karena itu diperlukan perumusan strategi yang handal sehingga perusahaan mampu merasakan manfaat dari pemanfaatan Teknologi Informasi tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan studi kasus pada PT Kasih Ananda. Metode analisis yang dipakai adalah analisis SWOT dengan sub analisis IFAS dan EFAS yang kemudian menggunakan Matriks IE dan matriks SWOT untuk pengidentifikasian alternatif strategi yang dapat diterapkan. Rumusan strategi inilah yang kemudian dipergunakan sebagai acuan untuk perancangan Sistem Informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Kasih Ananda selama ini telah memiliki kekuatan internal yang baik dengan nilai IFAS sebesar 2.7 dan mampu menjawab seluruh ancaman dan kesempatan yang terdapat dalam lingkungan industrinya dengan nilai EFAS sebesar 2.82. Untuk itu perusahaan dapat melakukan strategi intensif agar bisnis perusahaan dapat tumbuh dan berkembang lebih pesat. Melalui matriks SWOT juga dapat dirumuskan beberapa strategi bisnis yang dapat dikaitkan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi yang optimal bagi perusahaan. Untuk perumusan strategi pemasaran yang terkait dengan pemanfaatan Teknologi Informasi, perusahaan disarankan untuk mengembangkan suatu sistem e-marketing secara bertahap.

Oleh karena itu untuk tahap awal perlu dikembangkan sistem pemasaran yang baik dan sesuai dengan kondisi PT Kasih Ananda sebagai dasar yang penting untuk sistem e-marketing yang diinginkan.

Referensi

Shneiderman, Ben. (1998). Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction. (3rd Edition).
Addison-Wesley. Strauss, Judy. (2001). E-Marketing. (2nd Edition). Prentice Hall.
Mohammed, Rafi A. (2004). Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy. McGraw-Hill, New York.
Rangkuti, Freddy. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi abad 21. Gramedia Pustaka Utama.
Thompson, Arthur A., Jr., Strickland III, Alonzo J. (2001). Strategic Management: Concept and Cases. (12th edition). McGraw-Hill.
Kottler, Phillip, Armstrong, Gary, Safwat Zaky. (2001). Principles of Marketing. (9th edition). Prentice Hall.
Kottler, Philip. (2003). Marketing Management. (11th edition). Prentice Hall.
McLeod, Raymond, Schell, George. (2001). Management Information Systems. (8th edition). Prentice Hall.
Bustami, Ahmad. (1999). Internet Homesite and HTML. Dinastindo. Jakarta. Hartono,
Adhi, Noldy. (1998). Pengertian ProfesiI. APPERBI. Jakarta.