Analisis dan Perancangan E-Marketing Mechanical Instrument

(Studi pada PT. Piranti Wahana Sentosa)

Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Handoko
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara

Ringkasan:

Merancang situs web yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dari segmen yang kita tuju adalah salah satu pendukung untuk strategi pemasaran yang efisien dan efektif pada e-marketing. Telah banyak riset mengenai demografi dari pengguna  internet yang dilakukan, tapi demografi bukanlah kriteria yang paling baik. Karakteristik gaya hidup seperti tingkah laku, perilaku dan minat adalah prediksi terbaik dari perilaku pembelian.

E-marketing adalah menarik, karena dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan dalam proses bisnis. Pengiriman beberapa byte data lewat jaringan, lebih murah, lebih cepat, dan lebih mudah daripada mengirim seorang pesuruh atau menelpon. Dengan adanya keuntungan-keuntungan tersebut maka sekarang ini semakin banyak perusahaan yang menerapkan konsep e-marketing untuk membantu kegiatan pemasaran mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem pemasaran yang efektif bagi PT Piranti Wahana Sentosa di bidang pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data, metode analisis dan metode perancangan yang dimulai dari pengamatan dan wawancara, pengumpulan data dan analisis sistem pemasaran yang sedang berjalan, serta melakukan perancangan sistem pemasaran baru yang menyediakan informasi yang lebih cepat dan sesuai kepada pelanggan. Alat analisis yang dipakai adalah Model Lima-Kekuatan Porter, Matriks IE, Matriks SWOT, dan tujuh tahap pemasaran melalui Internet untuk merancang sistem pemasaran berbasis web yang tepat bagi perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Piranti Wahana Sentosa mampu menjawab ancaman dan peluang yang ada dalam industrinya dengan nilai EFAS sebesar 3.522 dan memiliki kekuatan internal yang cukup baik dengan nilai IFAS 2.761. Untuk itu perusahaan dapat melakukan strategi intensif agar bisnis perusahaan dapat tumbuh dan berkembang lebih pesat. Melalui matriks SWOT juga dapat dirumuskan strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi yang optimal bagi perusahaan. Hasil yang dicapai dari analisis yang dilakukan adalah suatu sistem pemasaran berbasis web dengan alat bantu navigation diagram. Simpulan dari penelitian yang dilakukan antara lain, dengan adanya sistem pemasaran berbasis web diharapkan dapat membantu perusahaan mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan pemasaran selama ini.

Referensi:

Bennett, Simon; Steve, Farmer Ray. (2002). Object Oriented Analysis and Design Using UML. McGraw-Hill Book Co, New York.
Chaffey,  Dave,  Richard  Mayer  dan  Kevin  Jobstony  (2000).  Internet  Marketing. Financial Times. USA
Cravens, David W., Nigel Piercy. (2003). Strategic Marketing. 7th Edition. McGraw- Hill Companies, Inc.
David, Fred  R. .(2001).  Strategic  Management:  Concepts  &  Cases.  8th   Edition. Prentice-Hall, Inc.
Ellsworth, Jill H. dan Matthew V. Ellsworth. (1997). Marketing On The Internet. PT. Grasindo. Jakarta.
Kalakota, Ravi; Robinson, Marcia. (2001). E-Business 2.0 Roadmap for Success. Addison -  Wesley. Pearson Education Inc., New Jersey.
Kartajaya, Hermawan,  Yuswohady,  Dewi Madyani,  Bembi  Dwi  Indrio.  (2003). Marketing in Venus. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kotler, Philip & Gary Armstrong (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid pertama. Edisi kedelapan. Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip. (2003). Marketing Management. (11th  ed.) Pearson Education inc., NewJersey.
Mathiassen, Lars; Munk-Madsen, Andreas; Nielsen, Peter Axel; Stage, jan. (2000). Object Oriented Analysis Design. Forlaget Marko., Denmark.
McLeod,  Raymond. (2001). Sistem Informasi Manajemen. Jilid pertama. Edisi ketujuh. PT. Prenhallindo, Jakarta
Mcleod, Raymond Jr; Schell, George. (2001)  Management  Information Systems. Prentice Hall, London.
Mohammed, Rafi A, Robert J. Fisher, Bernard J. Jaworski dan Gordon J. Paddison. (2003). Internet Marketing 2nd edition. McGraw-Hill. USA
Mohammed, Rafi A., Robert J. Fisher, Bernard J. Jaworski, Gordon J. Paddison. (2004). Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy, 2nd Edition. McGraw-Hill Companies, Inc.
O’Brien, James A. (2002). Introduction To Information System, 11th Edition.The Mc. Graw-Hill Companies Inc, United Stated Of America
Philips, Paul. (2001). E-Business Strategy, Text, and Cases. McGraw – Hill Book Education, California.
Rangkuti, Freddy. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Edisi 3. PT Gramedia Utama, Jakarta.
Schneider, Geri; Winters, Jason P. (1997). Applying Use Cases A Practical Guide. Addision-Wesley. Massachussets.
Strauss, Judy; Frost, Raymond. (2001). E-Marketing. (2nd  ed.) Prentice Hall, New Jersey
Thomson,  Jr.,  Arthur  A.;  Strickland  III,  A.  J.  (2001).  Strategic Management: Concepts and Cases. (12th ed.) McGraw Hill Book Co., Singapore.
Turban, Efraim, Rex Kelly Rainer, Jr., dan Richard Potter. (2001). Introduction to Information Technology. John Wiley & Sons, Inc.