(Studi pada PT. Piranti Wahana Sentosa)
Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Handoko
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara
Ringkasan:
Skripsi / Tugas Akhir Sistem Informasi Manajemen
Penulis: Handoko
Program Studi Sistem Informasi dan Manajemen Universitas Bina Nusantara
Ringkasan:
Merancang situs web yang sesuai dengan
kebutuhan dan karakteristik dari segmen yang kita tuju adalah salah satu pendukung
untuk strategi pemasaran yang efisien dan efektif pada e-marketing.
Telah banyak riset mengenai demografi dari pengguna internet yang dilakukan, tapi demografi
bukanlah kriteria yang paling baik. Karakteristik gaya hidup seperti tingkah laku, perilaku dan
minat adalah prediksi terbaik dari perilaku pembelian.
E-marketing adalah menarik,
karena dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan dalam proses bisnis.
Pengiriman beberapa byte data lewat jaringan, lebih murah, lebih cepat,
dan lebih mudah daripada mengirim seorang pesuruh atau menelpon. Dengan adanya
keuntungan-keuntungan tersebut maka sekarang ini semakin banyak perusahaan yang
menerapkan konsep e-marketing untuk membantu kegiatan pemasaran mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang
suatu sistem pemasaran yang efektif bagi PT Piranti Wahana Sentosa di bidang pemasaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data, metode analisis
dan metode perancangan yang dimulai dari pengamatan dan wawancara, pengumpulan
data dan analisis sistem pemasaran yang sedang berjalan, serta melakukan
perancangan sistem pemasaran baru yang menyediakan informasi yang lebih cepat
dan sesuai kepada pelanggan. Alat analisis yang dipakai adalah Model
Lima-Kekuatan Porter, Matriks IE, Matriks SWOT, dan tujuh tahap pemasaran
melalui Internet untuk merancang sistem pemasaran berbasis web yang
tepat bagi perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT
Piranti Wahana Sentosa mampu menjawab ancaman dan peluang yang ada dalam
industrinya dengan nilai EFAS sebesar 3.522 dan memiliki kekuatan internal yang
cukup baik dengan nilai IFAS 2.761. Untuk itu perusahaan dapat melakukan
strategi intensif agar bisnis perusahaan dapat tumbuh dan berkembang lebih
pesat. Melalui matriks SWOT juga dapat dirumuskan strategi bisnis yang
memanfaatkan teknologi yang optimal bagi perusahaan. Hasil yang dicapai dari analisis
yang dilakukan adalah suatu sistem pemasaran berbasis web dengan alat bantu navigation
diagram. Simpulan dari penelitian yang dilakukan antara lain, dengan adanya
sistem pemasaran berbasis web diharapkan dapat membantu perusahaan mengatasi hambatan-hambatan
yang dihadapi dalam kegiatan pemasaran selama ini.
Referensi:
Bennett, Simon; Steve, Farmer Ray. (2002). Object Oriented Analysis and Design Using UML. McGraw-Hill Book Co, New York.
Chaffey,
Dave, Richard Mayer
dan Kevin Jobstony
(2000). Internet Marketing. Financial
Times. USA
Cravens, David W., Nigel Piercy. (2003). Strategic Marketing. 7th Edition. McGraw-
Hill Companies, Inc.
David, Fred
R. .(2001). Strategic
Management: Concepts &
Cases. 8th Edition. Prentice-Hall, Inc.
Ellsworth, Jill H. dan Matthew V.
Ellsworth. (1997). Marketing On The
Internet. PT. Grasindo. Jakarta.
Kalakota, Ravi;
Robinson, Marcia. (2001). E-Business
2.0 Roadmap for Success. Addison -
Wesley. Pearson Education Inc., New
Jersey.
Kartajaya, Hermawan, Yuswohady,
Dewi Madyani, Bembi Dwi
Indrio. (2003). Marketing in Venus. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.
Kotler, Philip & Gary Armstrong (2001).
Prinsip-prinsip Pemasaran.
Jilid pertama. Edisi kedelapan. Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip. (2003). Marketing Management. (11th ed.) Pearson Education inc., NewJersey.
Mathiassen, Lars; Munk-Madsen, Andreas;
Nielsen, Peter Axel; Stage, jan. (2000). Object
Oriented Analysis Design. Forlaget
Marko., Denmark.
McLeod,
Raymond. (2001). Sistem
Informasi Manajemen. Jilid pertama. Edisi ketujuh. PT. Prenhallindo, Jakarta
Mcleod, Raymond Jr; Schell, George.
(2001) Management Information Systems.
Prentice Hall, London.
Mohammed, Rafi A, Robert J. Fisher, Bernard
J. Jaworski dan Gordon J. Paddison. (2003). Internet Marketing 2nd edition. McGraw-Hill. USA
Mohammed, Rafi A., Robert J. Fisher,
Bernard J. Jaworski, Gordon J. Paddison. (2004). Internet Marketing: Building Advantage in a Networked Economy, 2nd Edition. McGraw-Hill Companies,
Inc.
O’Brien, James A. (2002). Introduction To Information System, 11th Edition.The Mc. Graw-Hill
Companies Inc, United Stated Of America
Philips, Paul. (2001). E-Business Strategy, Text, and Cases.
McGraw – Hill Book Education, California.
Rangkuti, Freddy. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis,
Edisi 3. PT Gramedia Utama, Jakarta.
Schneider, Geri; Winters, Jason P. (1997). Applying Use Cases A Practical Guide.
Addision-Wesley. Massachussets.
Strauss, Judy; Frost, Raymond. (2001). E-Marketing. (2nd ed.) Prentice Hall, New Jersey
Thomson,
Jr., Arthur A.;
Strickland III, A.
J. (2001). Strategic
Management: Concepts and Cases. (12th ed.) McGraw Hill Book Co., Singapore.
Turban, Efraim, Rex Kelly Rainer, Jr., dan
Richard Potter. (2001). Introduction
to Information Technology.
John Wiley & Sons, Inc.